Jatinangor, lis.fikom.unpad.ac.id – Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti Nomor 01/E/KPT/2017 tanggal 6 Januari 2017 tentang Penerima Pendanaan Riset dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2017, terdapat tujuh proposal penelitian dosen Ilmu Perpustakaan Fikom Unpad dinyatakan berhak memperoleh hibah penelitian untuk tahun anggaran 2017.

Dosen Ilmu Perpustakaan berdasarkan lampiran Surat No: 025/E3/2017 Tanggal 6 Januari 2017 tentang Penerima Pendanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi tahun 2017, tercatat sebanyak 7 judul penelitian yang memperoleh pendanaan dari total 19 judul dosen (37%) yang ada di Fikom Unpad. Hal ini menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya mendapatkan pendanaan sebanyak 6 judul.

Salah satu yang membanggakan adalah Dosen Ilmu Perpustakaan memperoleh Hibah Program Penelitian Kompetitif Nasional dengan Skema Penelitian Berbasis Kompetensi (PBK) dengan ketua tim Dr. Pawit M. Yusup, M.S. yang pada tahun 2015 dan 2016 secara berturut-turut juga memperoleh Hibah Kompetensi Dikti.

Berikut daftar judul dan anggota tim yang memperoleh pendanaan di tahun 2017:

  1. Pawit M Yusup, M.S (Ketua), Prof. Dr. Engkus Koeswarno, M.S. dan Nuning Kurniasih, M.Hum dengan judul Mengembangkan Model Kelompok Usaha Berbasis Membaca pada Penduduk Prasejahtera Berusia Muda: Studi di Pedesaan Kabupaten Ciamis Jawa Barat. (Program Penelitian Kompetitif Nasional dengan Skema Penelitian Berbasis Kompetensi (PBK))
  2. Yunus Winoto, M.Si. (Ketua), Dr. Rohanda, M.Si. dan Drs. Dian Sinaga, M.Si. (Anggota) dengan judul Model Jaringan Kerjasama antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Wilayah Provinsi Jawa Barat. (Program Penelitian Desentralisasi dengan skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
  3. Neneng Komariah, M.Lib (Ketua), Dr. Pawit M. Yusup, M.S., Encang Saepudin, S.S., M.Si., dan Saleha Rodiah, S.Sos., M.Si. (Anggota) dengan judul Harmonisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Membangun Desa Wisata Agro di Kabupaten Pangandaran (Program Penelitian Desentralisasi dengan skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
  4. Dra, Wina Erwina, M.A.,(Ketua) Drs. Prijana, M.Si dan Nuning Kurniasih, M.Hum (Anggota) dengan judul Model Komunikasi Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Penambangan Emas Tradisional di Kabupaten Tasikmalaya (Program Penelitian Desentralisasi dengan skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
  5. Dian Sinaga, M.Si.(Ketua), Dr. Rohanda, M.Si. dan Dra. Sukaesih, M.Si. (Anggota) dengan judul Pengembangan Model Jaringan Informasi dan Pengunaan Media Alternatif dalam Meningkatkan Usaha Bidang Alat-alat Pertanian Tradisional di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (Program Penelitian Desentralisasi dengan skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
  6. Ninis Agustini Damayani, M.Lib (Ketua), Dr. Tine Silvana R., M.Si., Drs. Agung Budiono, M.Si. dan Encang Saepudin, S.S., M.Si.(Anggota) dengan judul Pelestarian dan Penguatan Nilai-Nilai Budaya Sunda Buhun Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Tasikmalaya (Program Penelitian Desentralisasi dengan skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
  7. Prijana, M.Si. (Ketua), Dra. Neneng Komariah, M.Lib. dan Dr. Iwan Koswara, M.Si. (Anggota) dengan judul Eksplorasi Model Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Jaringan Informasi Komunitas Industri Kreatif Dalam Mengatasi Kemiskinan: Studi di Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (Program Penelitian Desentralisasi dengan skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)

Sumber:http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/

Penulis: Andri Yanto