Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi (Library and Information Sciences) dilaksanakan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran sejak tahun 1985, merupakan tempat studi bagi mereka yang ingin memiliki kompetensi dalam bidang manajemen perpustakaan dan pusat informasi, dan menjadi seorang wirausahawan dalam bidang informasi. Melalui studi di Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, mahasiswa akan memiliki keterampilan dan keahlian menelusur dan menemukan sumber informasi dalam berbagai format digital dan analog menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (berbasis Internet), mengelola informasi untuk digunakan dengan cepat dan tepat, memasarkan informasi dan lembaga informasi melalui media berbasis teknologi jaringan informasi dan komunikasi, dan membuat program preservasi media dan informasi.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan materi kuliah tentang Information Retrieval System, Web Design, Information Architecture, Public Relations in Library, Information Marketing, Preservasi Media dan Informasi, Dokumentasi dan Kearsipan, Ilmu Komunikasi, Jaringan dan Kerjasama, Pengembangan Koleksi dan Informasi, Manajemen Data, Arsip dan Dokumentasi, Pengelolaan Koleksi dan Informasi berbasis Teknologi Informasi.

Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi memiliki keunggulan-keunggulan, antara lain:

  1. Terakreditasi A oleh BAN-PT (pada tahun 2002 mendapatkan nilai tertinggi se-Indonesia), yang berarti bahwa program studi ini sudah memenuhi standar nasional yang sangat tinggi.
  2. Dikelola oleh dosen dengan pendidikan Master dan Doktor dalam bidang perpustakaan, informasi dan komunikasi dari dalam dan luar negeri, dengan karya-karya yang mendapatkan penghargaan nasional dan internasional. Selama perkuliahan, dosen akan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang sangat luas.
  3. Memiliki kerjasama yang luas dengan perpustakaan (Perpustakaan Nasional RI, Dispusipda Jabar, PDII-LIPI, Library of American Embassy, The British Council), lembaga informasi, perusahaan media dan penerbitan, dan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi se Indonesia dan luar negeri (Monash University, Leiden University, Loughborough University), dengan asosiasi profesi (APISI, ATPUSI, FPPTI)
  4. Menjadi anggota Asosiasi Penyelenggara Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (APTIPI).
  5. Lulusannya memiliki ikatan profesi (Ikatan Pustakawan Indonesia) dan memiliki perhimpunan alumi, yaitu Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) yang sudah berbadan hukum.
  6. Memilki jaringan dengan lembaga sehingga memudahklan mahasiswa untuk mendapatkan tempat melakukan Job Training (Praktek Kerja Lapangan) dan penelitian utuk penyusunan skripsi.
  7. Memiliki fasilitas pendidikan yang memadai seperti ruang kuliah yang nyaman, laboratorium pengelolaan informasi, dan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan yang lengkap sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa (Himpunan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa).

Akreditasi
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fikom Unpad sejak awal berdirinya selama empat kali beturut-turut mendapatkan peringkat akreditasi A. Terakhir, pada 24 November 2016, Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi memperoleh sertifikat akreditasi program studi “Terakreditasi dengan Peringkat A” dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi.

Klik untuk melihat tautan di BAN-PT Kemristekdikti terkait Direktori Akreditasi Program Studi.

Download Legalisir Sertifikat Akreditasi

  1. Akreditasi Tahun 2016 s.d. 2021
  2. Akreditasi Tahun 2011 s.d. 2016