Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi memiliki keunggulan-keunggulan, antara lain:

  1. Terakreditasi A oleh BAN-PT (pada tahun 2002 mendapatkan nilai tertinggi se-Indonesia), yang berarti bahwa program studi ini sudah memenuhi standar nasional yang sangat tinggi.
  2. Dikelola oleh dosen dengan pendidikan Master dan Doktor dalam bidang perpustakaan, informasi dan komunikasi dari dalam dan luar negeri, dengan karya-karya yang mendapatkan penghargaan nasional dan internasional. Selama perkuliahan, dosen akan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang sangat luas.
  3. Memiliki kerjasama yang luas dengan perpustakaan (Perpustakaan Nasional RI, Dispusipda Jabar, PDII-LIPI, Library of American Embassy, The British Council), lembaga informasi, perusahaan media dan penerbitan, dan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi se Indonesia dan luar negeri (Monash University, Leiden University, Loughborough University), dengan asosiasi profesi (APISI, ATPUSI, FPPTI)
  4. Menjadi anggota Asosiasi Penyelenggara Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (APTIPI).
  5. Lulusannya memiliki ikatan profesi (Ikatan Pustakawan Indonesia) dan memiliki perhimpunan alumi, yaitu Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) yang sudah berbadan hukum.
  6. Memilki jaringan dengan lembaga sehingga memudahklan mahasiswa untuk mendapatkan tempat melakukan Job Training (Praktek Kerja Lapangan) dan penelitian utuk penyusunan skripsi.
  7. Memiliki fasilitas pendidikan yang memadai seperti ruang kuliah yang nyaman, laboratorium pengelolaan informasi, dan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan yang lengkap sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa (Himpunan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa).