Jatinangor, lis.fikom.unpad.ac.id – Rektor Universitas Padjadjaran melantik 18 wisudawan Program Studi Sarjana Ilmu Perpustakaan pada pelaksanaan Wisuda Unpad Gelombang II Tahun Akademik 2016 /2017 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, 7 Februari 2017. Adapun total wisudawan yang dilantik dari seluruh jenjang pendidikan sebanyak 1940 wisudawan.

Dalam pidatonya, Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad mendorong wisudawan agar tetap menjalin tali silaturahmi dengan almamater. “Mari kita bersama-sama bahu-membahu mendarmabaktikan potensi masing-masing untuk kita transformasikan menjadi kemaslahatan bagi bangsa dan negara,” ujar Rektor.

Transformasi merupakan langkah Unpad pasca menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Sebagai PTN Badan Hukum, Unpad harus mampu meningkatkan kualitas institusi dan pengabdian kepada masyarakat.

Merespons perkembangan peran perguruan tinggi di tingkat global, aspek inovasi menjadi upaya yang terus didorong Unpad. Rektor mengatakan, perguruan tinggi berperan sebagai mesin utama pelaku riset yang bertujuan menghasilkan hal baru yang mengarah pada inovasi.

Untuk itu, melalui Rencana Strategis Unpad 2015-2019, Unpad telah menetapkan rencana penguatan kapasitas inovasi dan kebijakan yang unggul sebagai bagian dari internal business process.

“Sebagai konsekuensi, Unpad berkeyakinan bahwa inovasi perlu dilandasi oleh nilai-nilai etik yang menjamin bahwa inovasi tidak akan disalahgunakan atau berdampak negatif bagi masyarakat. Sebaliknya, inovasi yang dikembangkan harus memberi masyarakat bagi masyarakat luas,” paparnya.

Dalam mewujudkan inovasi, Unpad berkomitmen agar seluruh dosen Unpad terlibat dalam hibah riset internal. Hibah ini merupakan riset terintegrasi dengan pembelajaran dan pengabdian masyarakat. Dengan demikian luaran riset ini ialah menghasilkan dampak kuat kepada masyarakat sekaligus meningkatkan jumlah publikasi internasional bereputasi.

Berikut daftar wisudawan yang berasal dari Program Studi Sarjana Ilmu Perpustakaan, Fikom Unpad:

  1. Agus Junianto Nababan
  2. Ana Fadhilah
  3. Andhika Soeminta Putra
  4. Angga Kusuma Bhuwana
  5. Ari Mulya Utami
  6. Asep Gunawan
  7. Fitriawati
  8. Haria Saputry Wahyuni
  9. Irfan Muhajirin Anshori
  10. Iyang Irma Herdianti
  11. Jibril Pribadi
  12. Mochammad Ircham Fitroni
  13. Muhammad Danu Fitriadi
  14. Muhaqqiq Priyadharsana Mushthafa
  15. Nita Sugiyarti
  16. Rafki Hawalmy
  17. Rezky Wirawan
  18. Salma Zahra Maisa

Sumber: unpad.ac.id, 7/2/2017