Bermula dari kunjungan Direktur PUSDOKINFO – LIPI, Luwarsih Pringgoadisurjo dan Ketua SATGAS Pengembangan Sistem Informasi dan Perpustakaan Perguruan Tinggi DIKTI, Parlinah Mudjono kepada Rektor UNPAD, Yuyun Wirasasmita akhir bulan Desember 1983 didampingi Kepala Pusat UPT Perpustakaan UNPAD, Soedarminto Martodiredjo. Para tamu diterima di ruang rektor didampingi Pembantu Rektor I dan II. Dalam pertemuan yang berlangsung dari pukul 10.00 – 11.30 WIB, para tamu menjelaskan bahwa telah diterbitkan Keputusan MENDIKBUD No. 0547/0/1983 tanggal 8 Desember 1983 tentang penataan fakultas dan jurusan di semua PTN Indonesia, termasuk UNPAD, dimana tercantum adanya Jurusan Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Komunikasi.

Dijelaskan oleh para tamu bahwa adanya Jurusan Ilmu Perpustakaan di FIP-IKIP Bandung dinilai kurang sesuai lagi dengan Keputusan KEMENDIKBUD tersebut. Menurut mereka, wadah yang paling tepat untuk jurusan ini adalah Fakultas Ilmu Komunikasi atau Fakultas Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sastra Budaya dan bahkan Fakultas Ilmu Komputer (UI) karena masa depan ilmu informasi dan perpustakaan sangat terkait dengan teknologi informasi. Disampaikan juga rekomendasi konsorsium bidang ilmu sastra dan filsafat, bahwa wadah yang pas untuk JIP saat itu adalah Fakultas Ilmu Komunikasi. Berdasar dengan pertemuan tersebut, Rektor UNPAD menyambut baik dan akan menindaklanjuti keinginan kedua lembaga tersebut setelah ada surat resmi dari pihak yang berwenang, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Tidak lama kemudian Dirjen DIKTI Depdikbud mengirim surat kepada Rektor UNPAD dan Rektor IKIP Bandung untuk segera melaksanakan “phasing out” jurusan ini dari FIP=IKIP Bandung dan memindahkannya ke Fikom Unpad terhitung mulai tahun akademik 1984/1985. FIP-IKIP Bandung tidak lagi diijinkan menerima mahasiswa baru.

Rektor UNPAD menindaklanjuti Keputusan Ditjen DIKTI dengan membentuk Panitia Persiapan Pembentukan Jurusan Ilmu Perpustakaan Fikom UNPAD No. 26/01/06/1984 dengan susunan sebagai berikut:

Ketua: Dekan Fikom UNPAD, Haryoto Kusumo
Sekretaris I: PD I, Atang Syamsudin
Sekretaris II: Seodarminto Martodiredjo
Anggota:
Soejono Trimo
Ase Suherlan
Lily Suwarni
Moch. Idris Suryana, K.W

Setelah persiapan pembukaan jurusan ini dipandang cukup, baik menyangkut kurikulum, dosen, sarana prasarana yang diperlukan, maka melalui Keputusan Rektor No. 78/I/01/06/a/1984 dibukalah secara resmi Jurusan Ilmu Perpustakaan Fikom UNPAD bertempat di Ruang Senat Universitas Padjadjaran bersama jurusan baru lain dan lembaga lainnya. Hadir dalam pembukaan resmi jurusan in Direktur British Council Jakarta (Dr. Blackwell), Direktur ODP Australia, Atase Kebudayaan Belanda dan USAID Jakarta.

Berkat bantuan dan kerjasama yang baik antara UNPAD, IKIP Bandung, dan ITB serta beberapa lembaga lain yang ikut serta membesarkan JIP Fikom dengan menyediakan dosen-dosen senior (dosen luar biasa), jurusan ini cepat menarik minat mahasiswa. Dekan Fikom menyadari bahwa hal ini tidak bisa dibiarkan terus menerus karena suatu saat keadaan ini harus diakhiri dengan JIP Fikom harus mandiri.