Bertepatan pada 1 Oktober 2022 kemarin, merupakan hari istimewa bagi Himaka Fikom Unpad yang menyelenggarakan Dies Natalis Himaka yang ke-37. Tema yang diambil pada kegiatan Dies Natalis tahun ini adalah  “Baritapraya” yang merupakan akronim dari tiga kata yaitu Bara, Harita, dan Abhipraya. Makna dari Baritapraya adalah sebagai harapan mahasiswa pada Himaka Fikom Unpad supaya senantiasa menyala layaknya bara api serta dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan prodi Perpustakaan dan Sains Informasi dan masyarakat sekitar Jatinangor. 

Ada tiga event yang diselenggarakan pada Dies Natalis Himaka tahun ini, menurut Rafi Helmi Rabani sebagai Project Officer (PO) Dies Natalis Himaka 2022 acara tersebut terdiri dari pre-event, main event, dan post event. Pada pre-event dilaksanakan “Baritapraya Competition atau Baricomp” yang terdapat beberapa macam lomba, mulai dari lomba esai (umum) yang dimenangkan oleh Ade Krisna Setiawan dari Universitas Tidar sebagai juara 1, kemudian ada lomba podcast (umum) yang dimenangkan oleh Salamatul Hifdiyah dari Politeknik Negeri Malang dengan topik “Anak Rantau Setangguh Krakatau“. Selain itu, juga ada lomba  yang diikuti mahasiswa prodi baik online maupun offline, untuk kegiatan online sendiri terdapat lomba poster dimana mahasiswi angkatan 2022 bernama Deviana Kusuma Wardani keluar sebagai juaranya. Selanjutnya, yang offline terbagi menjadi dua macam perlombaan diantaranya,  badminton ganda campuran yang dimenangkan oleh pasangan Farhan dan Lulu angkatan 2021.  Serta lomba futsal antar angkatan yang dimenangkan oleh angkatan 2018. 

Dilanjut dengan event  berikutnya yaitu ada main event pada hal ini diadakan “Baritapraya Talkshow (The Bari Talk)“. Tema yang dibawakan pun menarik yakni “Librarianship in Various Fields of Work” pemateri pada acara main event ada tiga yaitu selaku dosen PSI, Robertus Ilabakh, S.IIP, M.Kom., M.H. sebagai Market Development at Indonesia Stock Exchange dan Priatna, M.Si., M.M. sebagai Kepala Pusat Data dan Analisa Tempo. Dalam materi yang telah disampaikan dalam main event, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi bahwa prospek lulusan prodi perpustakaan bukan hanya menjaga buku.
Beralih dari main event, post event menjadi sebuah penutup acara Dies Natalis Himaka tahun ini, dengan dilaksanakannya ” Gathering and Reuni ” yang bertemakan “SHINY : See Harmony in 37th Anniversary” Bale Santika menjadi tempat berlangsungnya acara, yang diselenggarakan pada Sabtu, 5 November 2022, tepatnya pukul 08.00 – 14.00 WIB. Pembawaan suasana acara pun berlangsung seru dan santai karena dilakukan secara ngariung atau nongkrong. Acara ini dihadiri oleh tiga elemen utama seperti dosen, alumni, dan mahasiswa studi Perpustakaan dan Sains Informasi, di mana hal itu merupakan momen langka yang sangat memorable.

Salah satu rangkaian acara yang dilaksanakan, terdapat sesi diskusi kolaborasi antara dosen, alumni, dan mahasiswa yang dimoderatori oleh Kusnandar, S.Sos., M.Si memulai sesi diskusi dengan bertanya kepada alumni yang juga yang memberikan pandangan baru kepada mahasiswa mengenai kehidupan nyata di dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari. Serta beliau sebagai penghubung antara mahasiswa dengan alumni yang kemudian menjadi satu kesatuan yang saling berkolaborasi.

Nominasi Penghargaan Kepada Dosen

Setelah diskusi yang cukup panjang terkait kolaborasi antara alumni dan mahasiswa, ada sesi pemberian nominasi penghargaan kepada para dosen yang di antaranya, ada Nominasi Indeks Dosen tertinggi diberikan kepada Pak Rully Khairul Anwar, S.Ag., M.Si, kemudian Drs. H Yunus Winoto, M.Pd, dan Dr. Dra. Hj. Tine Silvana, Rachmawati, M. Si. Selanjutnya penghargaan Dosen Terfriendly diberikan kepada Ibu Evi Nursanti Rukmana, M.I.Kom. Dosen dengan Jurnal Internasional terbanyak diberikan kepada Ibu Dra. Sukaesih, M.Si. Penghargaan Dosen Terbudaya, diberikan kepada Pak Samson CMS.,S.Sos.,M.I.Kom serta Pak Kusnandar, S.Sos.,M.Si. Selanjutnya penghargaan Dosen dengan Pembelajaran Termenarik diberikan pada Ibu Fitri Perdana, S.Sos., M.I.Kom. Dan yang terakhir Nominasi Dosen Paling Sering Diundang Menjadi Pembicara ada Pak Dr. Agus Rusmana, M.A. Selain itu, nominasi penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa yang sudah berperan aktif di Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi.  Setelah memberikan penghargaan, partisipan melanjutkan acara makan bersama lewat prasmanan dan beberapa makanan kaki lima yang telah disediakan, kemudian ada sesi live music juga sehingga partisipan bisa bernyanyi bersama sebelum acaranya berakhir.

Beberapa partisipan acara yang hadir pun memberikan kesan pesan yang berbeda-beda, seperti Ketua Angkatan 2022 Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Muhammad Syazarwan, sebagai mahasiswa baru ia memaparkan, “acaranya dikemas dengan sangat apik, mulai dari pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sharing pengalaman para alumni PSI dan dosen yang sangat menginspirasi dan membuka wawasan para mahasiswa PSI yang masih bingung dengan program studi yang sedang ditekuninya. Intinya, para mahasiswa yang hadir mendapatkan banyak keuntungan, karena acara ini seru, insightful, dan juga mengenyangkan.”

Serta, menyebutkan, “acara yang diselenggarakan ini adalah acara yang luar biasa. Mengapa disebut luar biasa? Karena pada acara ini menghadirkan prodi, alumni, dan mahasiswa menjadi satu, yang di mana hal tersebut jarang terjadi.” Kemudian, beliau juga menyampaikan mengenai tujuan dari acara Gathering and Reuni, “tujuannya untuk membangun lagi cikal bakal kolaborasi antara prodi, alumni, dan Himaka, walaupun itu sudah terjadi. Contoh, pada level awal setelah ada alumni yang bilang bidangnya di IT, tiba-tiba ada seorang mahasiswa yang datang ke alumni tersebut trus bilang kalau dia minat dalam bidang IT. Adegan inilah yang kami inginkan dalam pertemuan ini, dan itu pun terjadi.

Robby Herziansyah, S.IIP alumni Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi angkatan 2004 pun ikut serta dalam memberikan kesan pesan terhadap acara ini, “yang pertama saya apresiasi kepada jurusan, kepada beberapa alumni yang sempat hadir, kemudian teman-teman mahasiswa terutama Himaka yang sudah jadi pelaksananya. Saya pikir ini good point, ya. Untuk kesinambungan kita semua ke depannya, sinergi antara jurusan, alumni, dan himpunan. Jadi saya apresiasi karena ini merupakan momentum yang harus dikembangkan lagi biar kita bisa bounding dengan teman-teman mahasiswa dan Himaka.” Ia juga memberikan pesan kepada mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi untuk lebih mengenal alumni agar bisa sharing terkait program studi atau pun mengenai dunia kerja lebih lanjut sehingga mahasiswa punya modal pengetahuan dan gambaran secara luas sebelum lulus. (Fika dan Deviana)

Share this: