Pelatihan Pengelolaan Jurnal bagi Pengelola Baru Jurnal Informatio

Pengelola baru Jurnal Informatio mengikuti pelatihan pengelolaan Open Journal System (OJS) berupa pengelolaan naskah masuk, proses editorial naskah, dan persiapan naskah terbit oleh pengelola Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan (JKIP) pada Jumat (26/8/22) di Fikom, Unpad. 

Jurnal Informatio adalah jurnal kedua Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, di mana pengelolaannya dilakukan mahasiswa prodi setiap angkatan. Mahasiswa belajar mengelola jurnal di bawah bimbingan ketua redaksi, editor, dan tim redaksi JKIP. Siti Nur Fauziah, S.I.Pus., sebagai pemateri pelatihan dari JKIP mengenalkan dan menjelaskan tahapan editorial dalam persiapan naskah terbit. 

Sesi tanya jawab pada pelatihan pengelolaan jurnal pengelola baru Jurnal Informatio di Ruang Diskusi Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Lantai 2 Gedung 3 Fikom Unpad, Jumat (26/8/22).

”Agak deg-degan tapi seru. Seneng juga bisa berbagi ilmu sama temen-temen. Apalagi pengelolaan OJS itu, ilmu yang penting, bisa jadi bekal buat dipakai di mana aja,” ujar Fauziah. Pengelola pemula sebelum mengolah naskah masuk harus mengetahui format tampilan OJS untuk memudahkan pengelola mengelola naskah dari tahap editorial sampai naskah terbit. Pengelola baru Jurnal Informatio sangat antusias menerima materi pengelolaan jurnal. “Insightful banget, jadi terbuka wawasannya tentang OJS. Sebelum ini, kita baru lihat sekilas aja, dan sekarang jadi tau lebih detail,” ujar Ismi dan Najlaa, pengelola Jurnal Informatio. Pengetahuan pengelolaan jurnal ini akan menambah pengalaman pengelola baru Jurnal Informatio untuk menerbitkan setiap naskah di setiap edisi (Tsabitah).

Sesi foto bersama pengelola baru Jurnal Informatio bersama teh Fauziah

Share this: