Asep dan Riski, Finalis Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sumedang 2023

Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Asep Zainal Abidin dan Riski Susilawati (Angkatan 2021) menjadi finalis Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sumedang yang diselenggarakan oleh Paguyuban Duta Baca Kabupaten Sumedang di bawah naungan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang.  Asep dan Riski mengikuti rangkaian kompetisi dimulai dari tahap Pendaftaran, Seleksi Administrasi, Pembekalan dan Wawancara, hingga Grand Final pada 28 Februari 2023. Dalam pemilihan ini Riski masuk sebagai 21 besar dan Asep lolos ke tahap 6 besar dan meraih Juara Harapan III. 

Asep dan Riski menyampaikan alasan mereka mengikuti Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sumedang. Keinginan menambah pengalaman, memberi kontribusi, dan menyalurkan ketertarikan dalam bidang literasi menjadi alasan mereka berpartisipasi dalam acara tersebut. Selain itu, Asep menuturkan bahwa dukungan dari orang terdekat dan dosen juga mendorongnya mengikuti acara tersebut. Sedangkan Riski menyampaikan alasan lain ia mengikuti acara ini adalah untuk mengasah kemampuan diri dan menambah relasi.

Mereka juga membagikan pengalaman mereka ketika mengikuti kompetisi tersebut. Riski menyampaikan bahwa ia merasa gugup namun juga excited dalam kompetisi ini, namun ia memberanikan diri karena ia  membawa nama baik pribadi, Kecamatan Jatinangor yang ia wakili, prodi Perpustakaan dan Sains Infomasi serta almamater Universitas Padjadjaran. Demikian juga dengan Asep yang bersemangat mengikuti kompetisi tersebut, ia dapat menyalurkan minatnya dalam bidang literasi dan menambah pengalamannya dengan bertemu peserta lain yang memiliki minat di bidang yang sama.

Mereka juga menyampaikan pesan untuk mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi agar berani mencoba, mempersiapkan seluruh persyaratan dan tidak malu untuk bertanya ke teman, kakak tingkat, atau dosen. “Jangan takut untuk mencoba, untuk teman-teman yang berkeinginan mengikuti pemilihan duta baca di masing-masing daerah asalnya semangat untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari karena banyak hal yang perlu dipersiapkan,” Ucap Riski.  “Jangan malu juga ketika butuh bantuan ke dosen atau kakak tingkat karena pasti mereka bakal dengan senang hati membantu. Buat temen-temen yang mungkin di tahun depan ingin ikut juga, kalian bisa persiapkan diri dari jauh hari mulai dari perbanyak pengalaman yang berhubungan dengan literasi, jangan pernah bosen buat membaca dan menulis,” tambah Asep. (TN)

Share this: