Mahasiswi Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Juarai Lomba Public Speaking di Unej

Sabtu (15/10/2022) Protokol FISIP Universitas Jember menyelenggarakan acara “Webinar and Competition of Public Speaking”. Silkvi Kheir Rahma, mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara tiga untuk kategori Master of Ceremony.

Kompetisi diadakan secara hybrid. Seleksi dimulai dari penyisihan hingga final. Selama kualifikasi, peserta akan diminta untuk membuat video berdurasi maksimal 5 menit dan mengunggahnya ke media sosial. Selanjutnya, lima besar dari nilai terbanyak di setiap bagian kompetisi mengikuti untuk menampilkan bakat public speaking yang dilakukan secara tatap muka di Universitas Jember. 

“Kami mengikuti kompetisi News Anchor dan Master of Ceremony ini karena kami ingin menambah pengalaman dan memperdalam skill public speaking yang relevan dengan mata kuliah di fakultas kami,” kata keduanya dalam keterangan yang dirilis ke Kanal Media Unpad.

Silkvi telah melakukan banyak persiapan untuk mengikuti kompetisi Public Speaking tingkat nasional tersebut. Salah satunya adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Silkvi juga merupakan anggota KPM Unpad, ia mengaku bahwa kemampuan public speaking-nya didapatkan setelah bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut.
“Ketika saya masih mahasiswa baru, saya menyadari bahwa saya tidak pandai berbicara di depan umum. Kemudian saya memutuskan untuk bergabung dengan KPM Unpad untuk belajar dan meningkatkan keterampilan berbicara saya. Saya memutuskan untuk menjadi pribadi,” kata Silkvi. (Arief Maulana)

Editor : Deviana

Share this: