Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi: Literasi dan Simulasi Mitigasi Kebencanaan di Kecamatan Jatigede

Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fikom Unpad menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Kecamatan Jatigede Sumedang selama dua hari yaitu 27-28 Oktober 2023. Terdapat empat kegiatan yang dilaksanakan di empat tempat berbeda, yaitu di Kantor Kecamatan Jatigede, SDN Cijeungjing 1, SMPN 1 Jatigede, dan TBM Maca Jeung Ka Ria Desa Cijeungjing.

PPM di Kecamatan Jatigede digelar dengan melaksanakan kegiatan Forum Group Discussions (FGD) Literasi dan Simulasi Mitigasi Kebencanaan pada Jumat (27/10/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala dan Sekretaris Kecamatan, staf kecamatan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Bunda Literasi Kecamatan, Guru, Kader PKK, dan Pelayanan Umum. Acara ini dibuka dengan sambutan dari perwakilan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Kepala Kecamatan Jatigede, dan Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sumedang.

Pada FGD ini disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Ninis Agustini D., M.Lib. mengenai langkah-langkah dalam melakukan mitigasi bencana secara sederhana karena bencana adalah hal yang paling dekat dengan masyarakat. Dr. H. Edwin Rizal, M.Si, menyampaikan terkait bencana kebakaran bahwasanya kebakaran menjadi salah satu kejadian yang sering menimpa warga. Diperlukan pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana, terutama mitigasi bencana kebakaran. Drs. Yunus Winoto, M.Pd., menambahkan pentingnya saling mengingatkan antar keluarga terutama dalam mitigasi bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana.

Kegiatan FGD ini disampaikan oleh Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos, M.Si., selaku Ketua Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan wawasan mansyarakat Kecamatan Jatigede khususnya  perangkat pemerintah dan kader terkait kebencanaan dan upaya mitigasinya. “Bencana adalah hal yang dekat dengan masyarakat, bencana seringkali tidak terduga kejadianya. Melalui PPM ini diharapkan dapat menambah wawasan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, terutama kebakaran.”

Share this: