Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi: Pusat Informasi Jatigede melalui Pembangunan Pojok Baca di Kantor Kecamatan Jatigede dan Pengembangan TBM Maca Jeung Ka Ria Desa Cijeungjing

Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fikom Unpad menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Kecamatan Jatigede Sumedang selama dua hari yaitu 27-28 Oktober 2023. Terdapat empat kegiatan yang dilaksanakan di empat tempat berbeda, yaitu di Kantor Kecamatan Jatigede, SDN Cijeungjing 1, SMPN 1 Jatigede, dan Perpustakaan Desa/TBM Maca Jeung Ka Ria Desa Cijeungjing.

Kegiatan PPM di Perpustakaan Desa/TBM Maca Jeung Ka Ria Desa Cijeungjing diselenggarakan dalam bentuk kegiatan Forum Group Disscusions (FDG) tentang Strategi Pengembangan Layanan Perpustakaan Desa/TBM, serta penyerahan hibah buku yang dilaksanakan pada Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan FGD dibuka oleh Evi Nursanti Rukmana, M.I.Kom., dan dilanjutkan dengan sambutan dari Asep Saeful Rohman, M.I.Kom. dan Kusnandar, S.Sos., M.Si., sebagai perwakilan dosen Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fikom Unpad. Kemudian dilanjut dengan sambutan dari Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Bapak Hari Tri Santosa, AP., MM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Forum TBM Kabupaten Sumedang serta beberapa pengurus, Pengurus Forum TBM Provinsi Jabar, Kepala Desa Cijeungjing, Pengelola Perpustakaan Desa/TBM Maca Jeung Ka Ria, dan masyarakat pengguna Perpustakaan Desa/TBM Maca Jeung Ka Ria.

Pada sesi FGD, dibahas mengenai potensi besar berkembangnya Perpustakaan Desa/TBM Maca Jeung Ka Ria ke depannya. Hal ini karena pengguna yang didominasi oleh anak-anak cukup banyak dan sangat aktif mengunjungi Perpustakaan Desa/TBM. Selain itu, Perpustakaan Desa/TBM dapat membangun rancangan kegiatan jangka pendek untuk setahun ke depan. Rancangan program dapat melibatkan lebih banyak pihak seperti Forum TBM Kabupaten Sumedang, Pemerintah Desa Cijeungjing, maupun para pegiat di desa seperti PKK, Karang Taruna, maupun tokoh masyarakat.

Rencana pengembangan perpustakaan desa/TBM dapat menjadi bagian dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa terutama sebagai salah satu bagian dari pencapaian kinerja Pemda maupun Pemdes yakni untuk pembangunan literasi dan budaya gemar baca masyarakat. Rohman Gumilar dari pengurus Forum TBM Jabar menyampaikan bahwa meskipun alokasi anggaran untuk pengembangan tersebut relatif terbatas, namun pengelola dapat berkreasi mengembangan kegiatan kolaboratif dengan berbagai pihak baik di desa maupun dari luar desa. “Bentuk kegiatan yang berdampak nyata pada peningkatan literasi dan kesejahteraan masyarakat dapat dikembangkan melalui program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial” seperti disampaikan Hari Tri Santosa, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang.

Kegiatan PPM ini diakhiri dengan penyerahan bantuan/hibah koleksi bahan bacaan berupa buku secara simbolis oleh perwakilan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang kepada Pengelola TBM Maca Jeung Ka Ria, Ibu Arum. Dengan adanya tambangan koleksi buku dari Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi diharapkan anak-anak dan pengguna Perpustakaan Desa/TBM pada umumnya semakin tertarik untuk memperoleh ilmu dan wawasan pengetahuan serta dapat menerapkannya untuk membangun kualitas hidup mereka sebagai warga desa yang literat dan berbudaya gemar baca.

Share this: