Sebanyak 4 Mahasiswa dari Luar Jawa Ikuti Program PMM di Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fikom Unpad

Empat mahasiswa dari perguruan tinggi luar Pulau Jawa mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kampus Merdeka di Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fikom Unpad selama satu semester pada Semester Ganjil 2022/2023. Pada program ini mahasiswa mengikuti 3 mata kuliah dari Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi yaitu Manajemen Data Riset, Bibliometrik, dan Preservasi Media dan Informasi. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengambil mata kuliah dari prodi atau fakultas lain untuk memenuhi SKS sesuai dengan kebijakan dari universitas asal masing-masing.

Windyani Aprilia (2021) mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi dari Universitas Negeri Padang mengutarakan bahwa keinginannya mengikuti program ini adalah karena keingintahuan bagaimana pembelajaran di Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fikom Unpad berlangsung, serta belajar bersama teman-teman yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia akan menambah pengalaman serta memperluas relasinya.

Perbedaan budaya dan lingkungan perkuliahan dari tempat asal tidak menjadi masalah besar walaupun pada awalnya tetap membutuh penyesuaian, seperti yang dialami Siti Nur Halisah (2020) mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran dari Universitas Negeri Makassar. Sempat merasa takut, namun Halisah merasa lega karena ternyata para dosen dan mahasiswa Fikom menerima dan menyambut dengan sangat baik. “Jujur awalnya aku agak takut nggak bisa berbaur disini, tapi ternyata teman-teman di sini ramah, dosen-dosennya pun juga dan saat menjelaskan materi selalu membangun komunikasi yang baik dengan para mahasiswa.” tutur Halisah.

Berjalan hampir selama 2 bulan, Eka Wulandari (2020) mahasiswi Pendidikan Administrasi Perkantoran dari Universitas Negeri Makassar merasakan suasana belajar di Fikom Unpad cukup menyenangkan dan tidak menegangkan. Pembawaan materi oleh para dosen yang asyik mudah dipahami membuat Eka dapat belajar dengan nyaman. Windy juga menambahkan bahwa ia merasa senang dengan kegiatan pembelajaran seperti pada mata kuliah Preservasi Media dan Informasi yang menunjukkan berbagai koleksi dan melakukan praktik secara langsung.

“Belajar di Fikom Unpad itu seru banget, dan melatih aku buat lebih berpikir kritis karena mahasiswa-mahasiswa di sini pemikirannya kritis banget.” Kesan Rizki Amalia (2021) mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi dari Universitas Halu Oleo selama mengikuti pembelajaran di Fikom Unpad. Ia juga sangat senang bisa mendapat kesempatan mengikuti PMM di Fikom Unpad, dan berharap besar kedepannya bisa melanjutkan pendidikan di sini. Dapat mengikuti program PMM di Fikom Unpad menjadi pengalaman hebat, selain dapat mengetahui bagaimana pembelajaran berlangsung, juga bisa menambah relasi. Pembelajaran juga terasa menyenangkan terlebih dosen serta teman-teman fikom yang memberikan kesan baik (Tsabitah).

Share this: