Kunjungan dan Praktikum Preservasi ke Perpustakaan Nasional RI

Jatinangor, 12 November 2022 – Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi melakukan kegiatan Praktikum Preservasi di Perpustakaan Nasional RI. Mahasiswa tersebut terdiri dari angkatan 2020 dan 2021 berjumlah 213 orang dalam surat tugas yang dikeluarkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi. Berlangsung selama dua hari pada tanggal 8 dan 9 November 2022. 

Beberapa laboratorium yang ada di Perpustakaan Nasional menjadi tempat praktikum itu dilaksanakan.  Akan tetapi, sebelum menuju laboratorium, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok terlebih dahulu.  Menurut Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos., M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah, kunjungan ke laboratorium di mulai dari konservasi, reprografi, reproduksi, perawatan dan perbaikan bahan pustaka, penjilidan bahan pustaka, transformasi digital, dan mikrofilm. Selain itu, beberapa Dosen Pembimbing pun turut berpartisipasi demi kelancaran proses kegiatannya, misal ada Saleha Rodiah, S.Sos., M.Si, Samson CMS., S.Sos., M.I.Kom. 

Selama kegiatan berlangsung tidak ada kendala yang dihadapi oleh para mahasiswa. Semuanya berjalan dengan baik, serta kebanyakan mahasiswa merasa excited karena dapat mengetahui bagaimana proses dibalik layar perpustakaan secara langsung. Dari beberapa partisipan yang hadir pun memberikan kesan yang berbeda, seperti yang disampaikan oleh Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos., M.Si, “Mahasiswa antusias sekali berkunjung dan praktik di setiap laboratorium. Hal ini membukakan pengetahuan baru mengenai kegiatan preservasi yang tidak hanya dilakukan pada bahan pustaka saja. Dan mendapatkan pengalaman nyata melihat kinerja pustakawan di bidang preservasi yang telah berdedikasi sekali memelihara dan melestarikan pengetahuan Indonesia dari ragam bentuk koleksi”. 

Serta, Diaz Ilyasa sebagai mahasiswa angkatan 2021 menyatakan kesannya dalam mengikuti kegiatan ini “menarik terutama pada kegiatan enkapitulasi, mending, alih media, dan penjilidan koleksi pustaka yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional. Rangkaian kegiatan konservasi maupun restorasi koleksi pustaka yang dilakukan Perpustakaan Nasional sangat menambah wawasan saya mengenai tugas pustakawan dalam lingkup pelestarian koleksi pustaka”. Selain itu, ia juga menyampaikan pesan setelah Praktikum Preservasi Perpustakaan Nasional, mendorong mahasiswa dan memberikan gambaran dalam memilih jalan karir pustakawan di masa depan. 

Sementara Januar Ilyas dari angkatan 2020 mengungkapkan pesan dan kesan yang berbeda setelah mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir, menurutnya kegiatan praktikum ini memberikan pengalaman baru yang unik dan menyenangkan serta yang paling terpenting mendapatkan ilmu dari praktisi kegiatan preservasi yang setiap kali praktik diberikan upaya percobaan dari teori yang telah didapat. Selain itu, ia juga mengatakan harapan dari kegiatan praktikum kedepannya, semoga kegiatan ini dapat dilakukan oleh mahasiswa setidaknya satu kali selama masa perkuliahan berlangsung.

Share this: