Library and Information Science Coaching Clinic: Liblicious 2023

Departemen Kajian dan Akademik Himaka melaksanakan kegiatan Library and Information Science Coaching Clinic (LISNIC): LIBLICIOUS 2023 secara online pukul 10.00-11.45 WIB (20/04/2023). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi yaitu Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos., M.Si. serta pembina Himaka yaitu Ibu Evi Nursanti Rukmana, M.I.Kom. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para peserta Liblicious tahun 2023. Acara ini merupakan agenda sharing session yang membahas mengenai perlombaan Liblicious 2023 dengan pemateri yaitu, Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos., M.Si. dan Silkvi Kheir Rahma, S.S.I., sebagai pemenang Juara 1 lomba Liblicious tahun 2021.

Pada pematerian pertama oleh Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos., M.Si., membahas pentingnya literasi sebelum melakukan literasi media karena terdapat perspektif yang perlu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, dengan melakukan penyampaian suatu informasi secara etis dan sopan. Maka, Liblicious merupakan literasi digital yang memerlukan analisis atau mencari tahu sebuah masalah yang tidak perlu mematok pada kegiatan masyarakat saja, akan tetapi dapat menyesuaikan tema dan mampu berkaitan dengan keadaan sosial yang ada di sekitar.  Selain itu, pada saat menentukan tema Liblicious dapat menentukan secara fleksibel setelah melakukan observasi atau sesuai dengan keadaan sosial yang ada. Sehingga setelah melakukan analisis yang sesuai dengan keadaan sosial mampu menggunakan media informasi yang terbukti benar.

Adapun pada sesi kedua atau sharing session oleh Silkvi Kheir Rahma, S.S.I. yang memberikan motivasi agar memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mengimplementasikan apa yang telah dilakukan ke dunia luar. Ia juga memberikan tips untuk peserta tahun ini, yaitu pentingnya menentukan timeline pengerjaan bersama tim. Memberikan tugas kepada masing-masing anggota secara adil. Meminta pendapat mengenai materi yang dipilih kepada dosen agar menemukan solusi yang tepat, dan perlunya konsistensi selama proses pengerjaan agar hasil dapat maksimal.

Dengan dilaksanakan kegiatan Library and Information Science Coaching Clinic (LISNIC): LIBLICIOUS 2023 diharapkan peserta lomba Liblicious 2023 mengetahui pentingnya melakukan analisis dan observasi pada saat mengikuti lomba, dan diharapkan peserta Liblicious termotivasi untuk menjadi juara dalam lomba tersebut sehingga menimbulkan semangat antar anggota untuk mencapai target yang diinginkan. (Ivy Maura Alifia Pramudyo, Departement Kajian dan Akademik, Himaka Kabinet Proaksi Fikom Unpad 2023)

Share this: