Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Berkunjung ke Perpustakaan dan Museum di Singapura

Ketua Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Dr. Ute Lies Khadijah, S.Sos., M.Si. bersama Dr. Elnovani Lusiana, S.Sos., M.Si., dan Lutfi Khoerunnisa. S.IIP., M.I.Kom., melakukan kunjungan ke Singapura pada tanggal 29 November – 2 Desember 2022. Para dosen mengunjungi National Library Building dan Library@Esplanade dengan tujuan mengajak pihak pustakawan untuk bekerjasama dengan Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi dalam bidang apapun, contohnya seperti bidang teknologi perpustakaan.

Pengelolaan perpustakaan di Singapura secara umum sama saja, ada katalog dan ada juga bagian layanan referensi, yang membedakan hanya mereka lebih matang dalam layanan untuk mendeteksi hoax, karena mereka menyediakan diskusi dan forum resmi. Selain itu ada juga layanan khusus untuk tunarungu, mereka menyediakan mikrofon khusus dengan sebuah layar besar agar para tunarungu bisa lebih mudah dalam mencari topik apapun yang mereka ingin dengar atau mereka ingin baca.

Buku yang tersedia di sana pun lengkap, layanannya, naskah kuno, dan penomoran pelabelannya hampir sama seperti yang ada di Perpusnas. Mereka juga punya robot pengembalian buku, jadi tidak perlu repot-repot ke pustakawan untuk mengembalikan buku. Selain robot pengembalian buku, mereka memiliki loker penyimpanan buku guna untuk menyimpan buku yang akan dibaca kembali dengan menggunakan barcode untuk membuka loker tersebut.

Selain mengunjungi National Library Building dan Library@Esplanade, para dosen juga mengunjungi HCC (Heritage Conservation Centre) yang merupakan fasilitas penyimpanan dan konservasi untuk pengelolaan dan pelestarian Koleksi Nasional Singapura, HCC ini mengkonservasi sekitar 20 museum.

Kunjungan ke Heritage Conservation Centre

Seperti kunjungan ke National Library Building dan Library@Esplanade yang bertujuan untuk menggait kerjasama, kunjungan ke Heritage Conservation Centre juga bertujuan untuk menjajak kerjasama dan ingin mengundang mereka sebagai dosen tamu atau visiting lecturer untuk memberikan materi perkuliahan untuk Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi.

(Deviana)

Share this: